Home / Darah Tinggi / 13 Pantangan Darah Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

13 Pantangan Darah Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

Apakah Anda ingin mengetahui mengenai apa saja pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari? Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyakit yang dimana tubuh mengalami kondisi yang berbahaya. Sehingga apabila Anda terkena penyakit darah tinggi mulailah dengan mengetahui apa saja yang menjadi pantangannya. Baik hal ini berupa makanan, minuman atau pun dari hal lainnya.

Dengan menjalani pola hidup yang sehat bukanlah hal yang tidak mungkin apabila penyakit ini dapat diminimalkan hingga disembuhakan. Penyakit darah tinggi yang tidak dijaga tentu saja akan menyebabkan beberapa penyakit kronis. Beberapa penyakit kronis yang sangat dirasakan adalah jantung, stroke, gagal jantung, diabetes dan masih banyak lainnya. Untuk mengetahui mengenai beberapa pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari ada baiknya menyimak beberapa artikel berikut ini.

13 pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari yaitu

  • Hindari mengkonsumsi makanan asin

Ada baiknya penderita darah tinggi mulai menjalani pola hidup sehat. Misalnya saja dengan mengurangi makanan penurun darah tinggi yang asin yang dikonsumsi. Perlu Anda ketahui mengkonsumsi makanan asin hanya akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit darah tinggi. Mengkonsumsi makanan asin dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi garam khusus. Garam yang sebaiknya dipilih yang tidak merusak pembuluh darah arteri. Hal ini karena dapat menyebabkan terjadinya penyakit darah tiinggi yang memicu serangan jantung dan stroke.

  • Makanan berlemak

Tak hanya pendeirta asam urat saja yang sebaiknya menghindari makanan berlemak. Pada penderita penyakit darah tinggi pun sebaiknya melakukan hal yang sama. Hal ini karena penderita penyakit darah tinggi biasanya akan mengalami kegemukan apabila mengkonsumsi makanan berlemak. Perlu Anda ketahui bahwa kegemukan dapat memicu penyakit darah tinggi. Beberapa jenis makanan berlemak antara lain yaitu jeroan, daging kambing, kuda, seafood dan masih banyak lainnya.

  • Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh

Ada baiknya apabila Anda menghindari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Misalnya saja jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sedikit informasi untuk Anda bahwa mengkonsumsi makanan yang digoreng hanya akan menyebabkan terjadinya resiko penyakit jantung. Untuk itu pengolahan makanan yang sehat adalah dengan cara direbus. Dengan demikian akan membantu dalam mendapatkan makanan yang sehat dan pembuluh darah tidak terjadi adanya penyumbatan.

  • Makanan atau minuman manis

Pendeirta diabetes hendaknya menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman manis hanya akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga memicu terjadinya kegemukan dan juga penyakit berbahaya. Beberapa jenis penyakit berbahaya misalnya saja diabetes, jantung dan stroke. Untuk itu mulailah dengan mengkonsumsi air putih secara rutin minimal delapan gelas setiap harinya. Dengan demikian akan menyebabkan lemak yang ada didalam pembuluh darah dan menyumbat dapat dilarutkan dan dibuang melalui urine.

  • Makanan olahan

Ada baiknya menghindari mengkonsumsi makanan olahan. Apabila Anda penderita darah tinggi dan selalu mengkonsumsi makanan olahan seperti makanan siap saji, mie instan, permen, gulali dan masih banyak lainnya. Ada baiknya mulailah untuk mengurangi sedikit demi sedikit yang akhirnya berhenti. Dengan demikian akan membantu dalam mendapatkan kemudahan dalam mengurangi gula. Hal ini karena mengkonsumsi makanan olahan memiliki banyak kandungan garam dan bahan pengawet yang tinggi. Sehingga Anda harus berhati-hati memilih jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi.

  • Merokok

Anda harus menghindari konsumsi rokok baik menjadi perokok aktif atau pun pasif. Hal ini karena kandungan nikotin yang mengendap didalam tubuh akan menyebabkan seseorang memasukan kandungan nikotin didalam tubuh. Apabila kandungan zat ini sangat tinggi dan mengendap didalam tubuh tentu saja dapat mempengaruhi seluruh kinerja organ tubuh termasuk pembuluh darah. Dengan demikian tentu saja akan menyebabkan terjadinya penyakit darah tinggi.

  • Kentang goreng

Siapa yang tak menyukai makanan yang enak dan lezat seperti kentang goreng. Jenis makanan ini merupakan makanan yang mengandung banyak sekali kandungan garam didalamnya. Selain itu mengkonsumsi kentang goreng menggunakan minyak dengan lemak trans yang dapat mempengaruhi kinerja jantung. Sehingga apabila Anda mengkonsumsi kentang goreng terlalu banyak tentu saja akan menyebabkan penyakit darah tinggi dan jantung. Untuk itu menghindari konsumsi kentang goreng pada penderita darah tinggi tentu saja akan memperbaiki saluran pembuluh darah. Selain itu menghindarkan dari bahaya penyakit darah tinggi.

  • Susu

Susu adalah salah satu minuman yang sangat bergizi dan menyehatkan. Namun berbeda dengan penderita penyakit darah tinggi. Mengkonsumsi susu merupakan salah satu pantangan yang harus diketahui. Dengan demikian ada baiknya Anda menghindari konsumsi susu. Hal ini karena didalam susu terdapat kandungan lemak trans. Sehingga mengkonsumsi susu hanya akan menyebabkan memperparah keadaan penyakit darah tinggi yang dialami.

  • Pizza

Makan barat yang satu ini tentu saja sangat enak ketika dikonsumsi. Ada banyak sekali jenis bahan yang ada didalamnya. Beberapa bahan yang ada mulai dari jamur, sosis, ayam, keju, saus dan masih banyak lainnya. Jenis makanan yang satu ini mengandungan kadar garam yang sangat banyak. Sehingga siapa saja penderita darah tinggi yang mengkonsumsinya. Tentu saja akan dapat merusak pembuluh darah yang dimiliki.

  • Kopi

Minuman yang enak dan juga memiliki aroma yang harum satu ini tidak baik apabila dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Hal ini karena mengkonsumsi kopi hanya akan memicu terjadinya penyakit darah tinggi. Didalam minuman ini ada banyak kandungan kafein yang dapat meningkatkan adanya resiko penyakit darah tinggi.

  • Olahraga angkat beban

Ada baiknya apabila Anda yang memiliki penyakit darah tinggi dengan berolah raga. Tentu saja dapat dilakukan namun dengan jenis olah raga yang ringan. Misalnya saja berjalan kaki disekitar rumah, bersepeda dengan santai dan masih banyak lainnya. Perlu Anda ketahui apabila menjalani olah raga angkat beban tentu saja akan meningkatkan resiko kambuhnya penyakit darah tinggi. Hal ini karena olah raga ini termasuk jenis olah raga berat. Sehingga ada baiknya apabila Anda berhati-hati ketika menjalani olah raga yang diinginkan. Hal ini karena menjalani olah raga pada penderita darah tinggi tidak boleh yang terlalu berat hingga menguras tenaga.

  • Terjun payung

Jenis hobi ekstrim ini tentu saja harus dihindari bagi penderita penyakit darah tinggi. Hal ini karena hobi ekstrim ini hanya akan memicu terjadinya tekanan darah yang naik. Sehingga menicu terjaidnya serangan penyakit jantung. Tentu saja penyakit darah tinggi harus menjalani olah raga yang santai, tidak menimbulkan stress dan berbahaya.

  • Berenang

Dalam menjalani olah raga tentu saja ada salah satu olah raga yang sangat beresiko meningkatkan adanya kenaikan tekanan darah. Salah satunya adalah berenang yang tentunya menggunakna teknik menyelam. Menyelam sangat dilarang karena dapat memperburuk kondisi penderita tekanan darah tinggi. Dengan demikian tentu hal ini adalah pantangan darah tinggi yang harus diketahui. Apabila Anda tetap ingin berenang dan menyelam tak ada salahnya untuk menjalaninya dengan bantuan instruktur profesional.

Check Also

11 Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

Makanan penurun darah tinggi paling efektif. Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah sejenis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *